Jadwal Imsakiyah 1444 H/2023 M: Menentukan Waktu Puasa di Indonesia

Jadwal Imsakiyah 1444 H/2023 M: Menentukan Waktu Puasa di Indonesia

Setiap tahunnya, umat muslim di Indonesia menantikan jadwal imsakiyah sebagai panduan untuk memulai dan mengakhiri puasa Ramadhan. Jadwal imsakiyah merupakan jadwal yang menunjukkan waktu sahur dan waktu berbuka puasa. Jadwal imsakiyah sangat penting bagi umat muslim, karena dapat membantu dalam menentukan waktu untuk memulai dan mengakhiri ibadah puasa.

Jadwal imsakiyah untuk tahun 1444 H/2023 M di Indonesia telah dirilis oleh Kementerian Agama. Jadwal ini didasarkan pada perhitungan matematika dan observasi awal bulan. Berikut adalah jadwal imsakiyah untuk beberapa kota besar di Indonesia:

  1. Jakarta

Untuk kota Jakarta, waktu imsakiyah dimulai pada pukul 04.03 WIB dan waktu berbuka puasa pada pukul 18.14 WIB.

  1. Bandung

Untuk kota Bandung, waktu imsakiyah dimulai pada pukul 04.09 WIB dan waktu berbuka puasa pada pukul 18.19 WIB.

  1. Surabaya

Untuk kota Surabaya, waktu imsakiyah dimulai pada pukul 04.01 WIB dan waktu berbuka puasa pada pukul 18.13 WIB.

  1. Medan

Untuk kota Medan, waktu imsakiyah dimulai pada pukul 03.55 WIB dan waktu berbuka puasa pada pukul 18.08 WIB.

  1. Makassar

Untuk kota Makassar, waktu imsakiyah dimulai pada pukul 04.12 WITA dan waktu berbuka puasa pada pukul 18.21 WITA.

Namun, perlu diingat bahwa jadwal imsakiyah yang telah dirilis dapat mengalami perubahan, terutama jika terdapat perbedaan dalam observasi awal bulan atau adanya perubahan dalam perhitungan matematika. Oleh karena itu, umat muslim harus selalu memperhatikan pengumuman resmi dari Kementerian Agama atau lembaga-lembaga yang terkait dalam menentukan waktu puasa.

Selain itu, penting juga bagi umat muslim untuk memperhatikan waktu sholat dan pelaksanaan ibadah lainnya selama bulan Ramadhan. Waktu-waktu sholat yang disebutkan dalam jadwal imsakiyah juga dapat dijadikan sebagai panduan dalam melaksanakan ibadah sholat tarawih dan sholat malam lainnya.

Namun, dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan, kita juga harus selalu memperhatikan kondisi kesehatan dan keamanan. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini meliputi menjaga jarak, mencuci tangan secara rutin, menghindari kerumunan, dan menggunakan masker saat berinteraksi dengan orang lain.

Dalam kesimpulannya, jadwal imsakiyah untuk tahun 1444 H/2023 M telah dirilis dan dapat dijadikan patokan sebagai waktu mulainya puasa.

Yuk!! Hafalkan do’a malam Lailatul Qadar…

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat Insan….   Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Malam ini adalah malam yang sangat

Lunasi hutang puasa dengan membayar Fidyah

Fidyah adalah kewajiban bagi orang yang tidak mampu untuk berpuasa selama bulan Ramadhan karena alasan yang sah, seperti sakit atau hamil. Bayar fidyah puasa artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *